Bismillahirohmanirohim,
Assalamu 'alaykum
DARMA WISATA PELEPASAN SANTRI
MADRASAH ALIYAH - PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI
YAYASAN LA ROYBA
JUNI 2009
LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN KEGIATAN DARMAWISATA PELEPASAN SANTRI MADRASAH ALIYAH – PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI – YAYASAN LA ROYBA
I. Background
Keinginan untuk melaksanakan secara rutin program darma wisata pondok pesantren serta keinginan dari para santri untuk melaksanakan kegiatan terakhir dengan darma wisata serta sudah lamanya program darmawisata ini tidak dapat dilaksanakan
II. Legalitas
Musawarah yang dihadiri oleh Mudirul Ma’had dan Kepala Madrasah Aliyah pada tanggal 1 Juni 2009
III. VISI MISI
Visi:
Menjadikan darmawisata yang menarik dan berkesan
Misi:
1. Menjalankan program darmawisata MA dan Pondok Pesantren Bali Bina Insani
2. Mengabulkan permintaan santri MA Bali Bina Insani untuk melaksanakan program darmawisata
3. Membuat program darmawisata yang menarik dan berkesan
IV. Struktur kepanitiaan
1. Penanggung jawab : Koordinator Pendidikan Yayasan La Royba
: Direktur Pondok Pesantren
: Kepala Madrasah Aliyah BBI
2. Ketua : Yuli Saiful Bahri
3. Sekretaris : Mahfudz
4. Bendahara : Mahfudz
Bidang-bidang
5. Transport, akomodasi & konsumsi : Mujiono ES
6. Konsumsi, dokumentasi & P3K : Nur Ilma, Harun Ar Rasjid & AA Rijal
7. Penanggung jawab putra : Harun Ar Rasjid
8. Penanggung jawab putri : Vivin
Peserta tur de Banyuwangi
1. Arika Rahmatullah
2. Ayu Indah Setyani
3. Ellis Susanti
4. Endang Susilawati
5. Erik Susanto
6. Fauzia Hafara
7. Halimah
8. Khasmi
9. Muhammad Sahabuddin
10. Nur Hikmah
11. Nurul Aini Tehuwayo
12. Resti Faradila Sirait
13. Rina Anah
14. Robiatul Mulyani
15. Sasvita Devi Setyo Putri
16. Siti Hadijah
17. Siti Hikmah
18. Siti Mardiyah
19. Siti Nurbaya
20. Siti Rahmatullah
21. Sri Rahayu
22. Usbani
23. Zamzami
Peserta istimewa:
1. H. Ktut Imaduddin Djamal
2. Ucok
3. Dani
4. Iday
5. Hj dewa Pere
6. Usth Akrimah
7. I Wayan Neser
8. Lis Budi
9. Nyonya Lis
10. Putra Pak Lis
11. Wartini
12. Isdamaini
Siswi yang tidak ikut:
1. Fitri
2. Windi Pribadi
3. Istiqomah
V. Persuratan
Terlampir
VI. Skedul
Perjalanan darmawisata Madrasah Aliyah Bali Bina Insani dilaksanakan pada hari Sabtu dan Ahad tanggal 6-7 Juni 2009
VII. Operational
A. Hari I
07.00 – 11.00 Watu dodol (makam+benteng jepang),
11.00 – 14.00 Ke tempat makan, solat dzuhur (masjid Al Hadi) di jalur
Taman Suruh &
14.00 – 16.00 Taman Suruh swimming pool
17.30 – 19.00 Hotel Tanjung Sari (double bed, internet, welcome drink)
19.00 – 22.00 Jalan-jalan di mall (Roxy – Hardisk)
Hari II
07.30 – 10.30 AIL
10.30 – 14.00 Grajagan, + makan ikan bakar
14.00 – 17.30 PP Gontor V
17.30 – 21.00 Pulang
B. Transport, Konsumsi, Akomodasi dan Situs Kunjungan
1. Dilakukan survey untuk konsumsi, akomodasi dan situs kunjungan dengan tujuan mendapatkan hal terbaik baik dari sisi pelayanan maupun harga. Akomodasi dan konsumsi tidak mengecewakan peserta, bahkan dengan tambahan makan siang dengan menu ikan bakar di pantai merupakan bonus bagi para peserta menambah nikmatnya perjalanan.
2. Survey ini dilakukan oleh Ustad Mujiono ES dan Ustadz Harun Al Rasjid. Adapun untuk transport pada awalnya dilakukan oleh ketua panitia dan dilanjutkan oleh kepala madrasah.
VIII. Keuangan
NO
URAIAN
TGL
MASUK
KELUAR
SALDO
1
Pinjaman dari MA
3/6/2009
1,000,000
1,000,000
2
DP Bus dari Aliyah
3/6/2009
2,000,000
(1,000,000)
3
Bantuan H Hasan Aeni & Agus K
3/6/2009
1,000,000
-
4
Modal dari KAMAD
6/6/2009
10,000,000
10,000,000
5
Donasi personal Mudirul ma'had
6/6/2009
500,000
10,500,000
6
Bayar nasi
6/6/2009
1,000,000
9,500,000
7
Bayar karcis masuk kolam renang Taman Suruh
6/6/2009
250,000
9,250,000
8
Bayar sewa kamar Tanjung Sari
6/6/2009
550,000
8,700,000
9
Bayar bis
6/6/2009
2,000,000
6,700,000
10
Tips supir
6/6/2009
100,000
6,600,000
11
Uang dari Hj Dewi Rully, SE
6/6/2009
1,000,000
7,600,000
12
Konsumsi awal
650,000
6,950,000
13
Infaq makam Syekh Maulana Ishaq
6/6/2009
35,000
6,915,000
14
Tiket masuk Watu Dodol
6/6/2009
100,000
6,815,000
15
Parkir bus Watu Dodol
6/6/2009
15,000
6,800,000
16
Tips sopir Watu Dodol
6/6/2009
50,000
6,750,000
17
Foto kopi
5/6/2009
10,000
6,740,000
18
Print di warnet BWG
6/6/2009
3,000
6,737,000
19
Kopi 6
7/6/2009
10,500
6,726,500
20
Tiket masuk AIL
7/6/2009
460,000
6,266,500
21
Bayar ikan baker
7/6/2009
552,000
5,714,500
22
Tiket masuk Gerajagan
7/6/2009
450,000
5,264,500
23
Parkir bus di Gerajagan
7/6/2009
5,000
5,259,500
24
Konsumsi AIL (H2)
7/6/2009
20,000
5,239,500
25
Tips supir Jawa
7/6/2009
25,000
5,214,500
26
Pak Haris minta u/ sopir
7/6/2009
50,000
5,164,500
27
Bayaran 10 anak
7/6/2009
500,000
5,664,500
28
Lain-lain
7/6/2009
114,500
5,550,000
29
Permen & minuman gelas
7/6/2009
50,000
5,500,000
30
Tagihan Pak Mujiono Eko
8/6/2009
250,000
5,250,000
31
Dikembalikan kepada KAMAD Aliyah
10/6/2009
4,250,000
1,000,000
32
Vakasi
10/6/2009
1,000,000
-
Jumlah
14,000,000
14,000,000
-
IX. Hambatan
1. Dana keikutsertaan santri sebesar Rp. 550.000 tidak masuk semua, dikarenakan terlambatnya informasi dari bendahara madrasah sehingga kekurangan biaya tidak cepat terinformasikan kepada santri peserta. 15 peserta belum / tidak membayar kekurangan dana @ sebesar Rp. 50.000
2. Bus yang dipergunakan tidak sesuai dengan pesanan (seharusnya bus wisata, namun pada kenyataannya adalah bus tua dari PJKA)
X. Saran
1. Kepanitiaan dan peserta
a. Agar dibentuk 6 bulan sebelumnya, paling tidak 3 bulan sebelum pelaksanaan
b. Panitia agar diberikan SK resmi dari lembaga
c. Peserta resmi (santri) diharapkan pengurus organisasi santri (kelas III MA) plus tambahan dari adik kelasnya bila disetujui dan dapat disatukan antara MTs dan MA dengan pertimbangan biaya dan kebersamaan
d. Peserta tawaran ádalah dewan guru dan keluarganya ditentukan 1 bulan sebelum pelaksanaan
2. Keuangan
Transparansi bendahara untuk persiapan program dan pelunasan dana keikutsetaan peserta dilakukan paling tidak 2 bulan sebelum pelaksanaan
3. Pelaksanaan program darmawisata
Pada saat liburan semester ganjil atau awal semester genap dan dilaksanakan dengan program minimal 2 hari satu malam serta situs kunjungan wisata dan lembaga pendidikan Islam seperti pondok pesantren atau pun lainnya untuk studi banding dan belajar
4. Transport
Dipastikan dengan observasi dan ikatan down payment paling tidak dua minggu sebelum pelaksanaan
5. Obat-obatan (P3K)
P3K seharusnya sudah disiapkan terlebih dahulu dengan perencanaan yang baik, dari obat sakit kepala, obat mabuk perjalanan, sakit perut, penghilang rasa sakit, minyak angin dlsb
XI. Penutup
Demikian laporan ini kami sampaikan sebagaimana faktanya (ditambah dengan lampiran) dan semoga dapat menjadi maklum serta acuan sebagaimana mestinya. Semoga Allah semakin meridloi dengan segala kemudahanNYA untuk perbaikan di masa depan.
Tabanan, 12 Juli 2009
PANITIA DARMA WISATA PELEPASAN SANTRI
MADRASAH ALIYAH – PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI YAYASAN LA ROYBA - JUNI 2009
Yuli Saiful Bahri
Mahfudz
Laporan ditembuskan kepada Yth
1. Mudirul Ma’had Bali Bina Insani
2. Bapak H.M. Hasan Aeni
3. Ibu Hj Dewi Sinaryati
4. Arsip
Sekretariat: Kantor MA Bali Bina Insani, Pondok Pesantren Bali Bina Insani Yayasan La Royba
Jl Raya Timpag - Meliling - Kerambitan - Tabanan - Bali,
Telp +62361 420566 - 8072038 email: yayasanlaroyba@yahoo.com, mabalibinainsani@gmail.com, +6281 24 698233
Rek BRI Tabanan no: 4775.01.001328.53.3 a/n Madrasah Aliyah BBI
Assalamu 'alaykum
DARMA WISATA PELEPASAN SANTRI
MADRASAH ALIYAH - PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI
YAYASAN LA ROYBA
JUNI 2009
LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN KEGIATAN DARMAWISATA PELEPASAN SANTRI MADRASAH ALIYAH – PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI – YAYASAN LA ROYBA
I. Background
Keinginan untuk melaksanakan secara rutin program darma wisata pondok pesantren serta keinginan dari para santri untuk melaksanakan kegiatan terakhir dengan darma wisata serta sudah lamanya program darmawisata ini tidak dapat dilaksanakan
II. Legalitas
Musawarah yang dihadiri oleh Mudirul Ma’had dan Kepala Madrasah Aliyah pada tanggal 1 Juni 2009
III. VISI MISI
Visi:
Menjadikan darmawisata yang menarik dan berkesan
Misi:
1. Menjalankan program darmawisata MA dan Pondok Pesantren Bali Bina Insani
2. Mengabulkan permintaan santri MA Bali Bina Insani untuk melaksanakan program darmawisata
3. Membuat program darmawisata yang menarik dan berkesan
IV. Struktur kepanitiaan
1. Penanggung jawab : Koordinator Pendidikan Yayasan La Royba
: Direktur Pondok Pesantren
: Kepala Madrasah Aliyah BBI
2. Ketua : Yuli Saiful Bahri
3. Sekretaris : Mahfudz
4. Bendahara : Mahfudz
Bidang-bidang
5. Transport, akomodasi & konsumsi : Mujiono ES
6. Konsumsi, dokumentasi & P3K : Nur Ilma, Harun Ar Rasjid & AA Rijal
7. Penanggung jawab putra : Harun Ar Rasjid
8. Penanggung jawab putri : Vivin
Peserta tur de Banyuwangi
1. Arika Rahmatullah
2. Ayu Indah Setyani
3. Ellis Susanti
4. Endang Susilawati
5. Erik Susanto
6. Fauzia Hafara
7. Halimah
8. Khasmi
9. Muhammad Sahabuddin
10. Nur Hikmah
11. Nurul Aini Tehuwayo
12. Resti Faradila Sirait
13. Rina Anah
14. Robiatul Mulyani
15. Sasvita Devi Setyo Putri
16. Siti Hadijah
17. Siti Hikmah
18. Siti Mardiyah
19. Siti Nurbaya
20. Siti Rahmatullah
21. Sri Rahayu
22. Usbani
23. Zamzami
Peserta istimewa:
1. H. Ktut Imaduddin Djamal
2. Ucok
3. Dani
4. Iday
5. Hj dewa Pere
6. Usth Akrimah
7. I Wayan Neser
8. Lis Budi
9. Nyonya Lis
10. Putra Pak Lis
11. Wartini
12. Isdamaini
Siswi yang tidak ikut:
1. Fitri
2. Windi Pribadi
3. Istiqomah
V. Persuratan
Terlampir
VI. Skedul
Perjalanan darmawisata Madrasah Aliyah Bali Bina Insani dilaksanakan pada hari Sabtu dan Ahad tanggal 6-7 Juni 2009
VII. Operational
A. Hari I
07.00 – 11.00 Watu dodol (makam+benteng jepang),
11.00 – 14.00 Ke tempat makan, solat dzuhur (masjid Al Hadi) di jalur
Taman Suruh &
14.00 – 16.00 Taman Suruh swimming pool
17.30 – 19.00 Hotel Tanjung Sari (double bed, internet, welcome drink)
19.00 – 22.00 Jalan-jalan di mall (Roxy – Hardisk)
Hari II
07.30 – 10.30 AIL
10.30 – 14.00 Grajagan, + makan ikan bakar
14.00 – 17.30 PP Gontor V
17.30 – 21.00 Pulang
B. Transport, Konsumsi, Akomodasi dan Situs Kunjungan
1. Dilakukan survey untuk konsumsi, akomodasi dan situs kunjungan dengan tujuan mendapatkan hal terbaik baik dari sisi pelayanan maupun harga. Akomodasi dan konsumsi tidak mengecewakan peserta, bahkan dengan tambahan makan siang dengan menu ikan bakar di pantai merupakan bonus bagi para peserta menambah nikmatnya perjalanan.
2. Survey ini dilakukan oleh Ustad Mujiono ES dan Ustadz Harun Al Rasjid. Adapun untuk transport pada awalnya dilakukan oleh ketua panitia dan dilanjutkan oleh kepala madrasah.
VIII. Keuangan
NO
URAIAN
TGL
MASUK
KELUAR
SALDO
1
Pinjaman dari MA
3/6/2009
1,000,000
1,000,000
2
DP Bus dari Aliyah
3/6/2009
2,000,000
(1,000,000)
3
Bantuan H Hasan Aeni & Agus K
3/6/2009
1,000,000
-
4
Modal dari KAMAD
6/6/2009
10,000,000
10,000,000
5
Donasi personal Mudirul ma'had
6/6/2009
500,000
10,500,000
6
Bayar nasi
6/6/2009
1,000,000
9,500,000
7
Bayar karcis masuk kolam renang Taman Suruh
6/6/2009
250,000
9,250,000
8
Bayar sewa kamar Tanjung Sari
6/6/2009
550,000
8,700,000
9
Bayar bis
6/6/2009
2,000,000
6,700,000
10
Tips supir
6/6/2009
100,000
6,600,000
11
Uang dari Hj Dewi Rully, SE
6/6/2009
1,000,000
7,600,000
12
Konsumsi awal
650,000
6,950,000
13
Infaq makam Syekh Maulana Ishaq
6/6/2009
35,000
6,915,000
14
Tiket masuk Watu Dodol
6/6/2009
100,000
6,815,000
15
Parkir bus Watu Dodol
6/6/2009
15,000
6,800,000
16
Tips sopir Watu Dodol
6/6/2009
50,000
6,750,000
17
Foto kopi
5/6/2009
10,000
6,740,000
18
Print di warnet BWG
6/6/2009
3,000
6,737,000
19
Kopi 6
7/6/2009
10,500
6,726,500
20
Tiket masuk AIL
7/6/2009
460,000
6,266,500
21
Bayar ikan baker
7/6/2009
552,000
5,714,500
22
Tiket masuk Gerajagan
7/6/2009
450,000
5,264,500
23
Parkir bus di Gerajagan
7/6/2009
5,000
5,259,500
24
Konsumsi AIL (H2)
7/6/2009
20,000
5,239,500
25
Tips supir Jawa
7/6/2009
25,000
5,214,500
26
Pak Haris minta u/ sopir
7/6/2009
50,000
5,164,500
27
Bayaran 10 anak
7/6/2009
500,000
5,664,500
28
Lain-lain
7/6/2009
114,500
5,550,000
29
Permen & minuman gelas
7/6/2009
50,000
5,500,000
30
Tagihan Pak Mujiono Eko
8/6/2009
250,000
5,250,000
31
Dikembalikan kepada KAMAD Aliyah
10/6/2009
4,250,000
1,000,000
32
Vakasi
10/6/2009
1,000,000
-
Jumlah
14,000,000
14,000,000
-
IX. Hambatan
1. Dana keikutsertaan santri sebesar Rp. 550.000 tidak masuk semua, dikarenakan terlambatnya informasi dari bendahara madrasah sehingga kekurangan biaya tidak cepat terinformasikan kepada santri peserta. 15 peserta belum / tidak membayar kekurangan dana @ sebesar Rp. 50.000
2. Bus yang dipergunakan tidak sesuai dengan pesanan (seharusnya bus wisata, namun pada kenyataannya adalah bus tua dari PJKA)
X. Saran
1. Kepanitiaan dan peserta
a. Agar dibentuk 6 bulan sebelumnya, paling tidak 3 bulan sebelum pelaksanaan
b. Panitia agar diberikan SK resmi dari lembaga
c. Peserta resmi (santri) diharapkan pengurus organisasi santri (kelas III MA) plus tambahan dari adik kelasnya bila disetujui dan dapat disatukan antara MTs dan MA dengan pertimbangan biaya dan kebersamaan
d. Peserta tawaran ádalah dewan guru dan keluarganya ditentukan 1 bulan sebelum pelaksanaan
2. Keuangan
Transparansi bendahara untuk persiapan program dan pelunasan dana keikutsetaan peserta dilakukan paling tidak 2 bulan sebelum pelaksanaan
3. Pelaksanaan program darmawisata
Pada saat liburan semester ganjil atau awal semester genap dan dilaksanakan dengan program minimal 2 hari satu malam serta situs kunjungan wisata dan lembaga pendidikan Islam seperti pondok pesantren atau pun lainnya untuk studi banding dan belajar
4. Transport
Dipastikan dengan observasi dan ikatan down payment paling tidak dua minggu sebelum pelaksanaan
5. Obat-obatan (P3K)
P3K seharusnya sudah disiapkan terlebih dahulu dengan perencanaan yang baik, dari obat sakit kepala, obat mabuk perjalanan, sakit perut, penghilang rasa sakit, minyak angin dlsb
XI. Penutup
Demikian laporan ini kami sampaikan sebagaimana faktanya (ditambah dengan lampiran) dan semoga dapat menjadi maklum serta acuan sebagaimana mestinya. Semoga Allah semakin meridloi dengan segala kemudahanNYA untuk perbaikan di masa depan.
Tabanan, 12 Juli 2009
PANITIA DARMA WISATA PELEPASAN SANTRI
MADRASAH ALIYAH – PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI YAYASAN LA ROYBA - JUNI 2009
Yuli Saiful Bahri
Mahfudz
Laporan ditembuskan kepada Yth
1. Mudirul Ma’had Bali Bina Insani
2. Bapak H.M. Hasan Aeni
3. Ibu Hj Dewi Sinaryati
4. Arsip
Sekretariat: Kantor MA Bali Bina Insani, Pondok Pesantren Bali Bina Insani Yayasan La Royba
Jl Raya Timpag - Meliling - Kerambitan - Tabanan - Bali,
Telp +62361 420566 - 8072038 email: yayasanlaroyba@yahoo.com, mabalibinainsani@gmail.com, +6281 24 698233
Rek BRI Tabanan no: 4775.01.001328.53.3 a/n Madrasah Aliyah BBI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar