..::MA Bali Bina Insani is welcoming your visit. =D::..

Senin, 31 Mei 2010

Silabus Akidah Akhlak


S I L A B U S


Nama Sekolah : Madrasah Aliyah Bali Bina Insani
Mata Pelajartan : Aqidah Akhlaq
Kelas / Semester : X / Ganjil
Standar Kompetensi : 1. Memahami prinsip dan metode peningkatan aqidah

KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER/BAHAN/ALAT
1.1 Menjelaskan prinsip-prinsip aqidah Prinsip-prinsip aqidah:
1. syahadat tauhid
2. tentang kebenaran agama Islam
3. Al Qur’an kitab terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya
4. nabi Muhammad sebagai penutup segenap nabi dan rasul • Menjelaskan syahadat tauhid
• Mendiskusikan tentang kebenaran agama Islam
• Mempresentasikantentang Al Qur’an sebagai kitab terakhir dan penyempurna kitab-kitab sebelumnya
• Menjelaskan bahwa nabi Muhammad sebagai penutup segenap nabi dan rasul 1.1.1 Mendeskripsikan syahadat tauhid
1.1.2 Menjelaskan tentang kebenaran agama Islam
1.1.3 Menganalisis bahwa Al Qur’an kitab terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya
1.1.4 Menjelaskan bahwa nabi Muhammad sebagai penutup segenap nabi dan rasul Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa
Alat :
1 White Board dan spidol
2 Kertas
1.2. Menjelaskan metode-metode peningkatan aqidah Macam-macam metode-metode peningkatan aqidah:
1. Doktrin
2. Hikmah
3. Kosmologi
4. Ilmiah  Mendiskusikan metode-metode peningkatan aqidah
 Mempresentasikan metode-metode peningkatan aqidah
 Menjelaskan metode-metode peningkatan aqidah 1.2.1 Mengidentifikasi metode-metode peningkatan aqidah
1.2.2 Membandingkan metode-metode peningkatan aqidah
1.2.3 Menunjukkan contoh orang yang berprilaku sesuai aqidah Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
1.3. Menerapkan prisip-prinsip aqidah dalam kehidupan Prinsip-prinsip aqidah:
1. Syahadat tauhid
2. Kebenaran agama Islam
3. Al Qur’an kitab terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya
4. Nabi Muhammad sebagai penutup segenap Nabi dan Rasul
• Menjelaskan makna syahadat tauhid
• Mendiskusikan kebenaran agama Islam
• Mempresentasikan Al Qur’an kitab terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya
• Mengidentifikasi bukti-bukti kerasulan nabi Muhammad sebagai penutup segenap Nabi dan Rasul 1.3.1 Mengaplikasikan syahadat tauhid
1.3.2 Membuktikan kebenaran agama Islam
1.3.3 Menganalisis Al Qur’an kitab terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya
1.3.4 Membuktikan Nabi Muhammad sebagai penutup segenap Nabi dan Rasul Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
4 Jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
1.4. Menerapkan metode-metode peningkatan aqidah dalam kehidupan Macam-macam metode-metode peningkatan aqidah:
1. Doktrin
2. Hikmah
3. Kosmologi
4. Ilmiah • Menjelaskan metode doktrin dalam aqidah
• Mendiskusikan metode hikmah dalam aqidah
• Mencari dan membacabuku tentang metode kosmologi dalam aqidah
• Mempresentasikan metode ilmiah dalam aqidah
1.4.1 Mengaplikasikan metode doktrin dalam aqidah
1.4.2 Mendemonstrasikan metode hikmah dalam aqidah
1.4.3 Mengaplikasikan metode metode kosmologi dalam aqidah
1.4.4 Mendemonstrasikan metode ilmiah dalam aqidah
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 Jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas


Standar Kompetensi : 2. Memahami Tauhid

KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER/BAHAN/ALAT
2.1 Menjelaskan pengertian Tauhid dan istilah-istilah lainya Memahami makna tauhid dan istilah-istilahnya:
- Ushuluddin
- Aqidah
- Ilmu kalam
- Isme-isme
• Menjelaskan ilmu tauhid
• Mendiskusikan tentang kebenaran tauhid dan istilah-istilahnya
• Mengidentifikasi dalil-dalil yang berhubungan dengan tauhid 2.1.1 Menidentifikasi pengertian tauhid
2.1.2 Menyebutkan istilah-istilah tauhid
2.1.3 Membendingkan pengertian tauhid, aqidah, ushuluddin dan isme-isme Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
2.2. Menjelaskan macam-macam tauhid (uluhiyah, rububiyah, mulkiyah, rahmaniayah dan lain-lain) Macam-macam tauhid (uluhiyah, rububiyah, mulkiyah, rahmaniayah dan lain-lain)  Menjelaskan tauhid uluhiyah
 Menjelaskan tauhid rububiyah
 Menjelaskan tauhid mulkiyah
 Menjelaskan tauhid rahmaniayah 2.2.1 Menyebutkan macam-macam tauhid
2.2.2 Menjelaskan pengertian macam-macam tauhid
2.2.3 Mencari dalil tentag tauhid uluhiyah, rububiyah, mulkiyah dan rahmaniyah Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
2.3. Menunjukkan prilaku orang yang bertauhid Ciri-ciri orang yang bertauhid • Menjelaskan kisah tokoh nabi Ibrahim dalam mencari tuhan
• Mempresentasikan kisah tokoh Salman Al FArisi dalam mencari Tuhan
• Menjelaskan kisah Robi’ah AL Adawiyah 2.3.1 Mengidentifikasi prilaku tokoh-tokoh orang yang bertauhid
2.3.2 Menunjukkan ciri-ciri orang yang berprilkau tauhid
2.3.3 Menunjukkan contoh-contoh orang yang berprilaku tauhid Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 Jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
2.4. Menerapkan prilaku tauhid dalam kehidupan sehari-hari Hikmah bagi orang yang bertauhid • Mencari dan membaca buku referensi yang berhubungan teladan bagi orang yang bertauhid
• Menjelaskan akibat bagi orang yang tidak bertauhid
• Mendiskusikan hikmah bagi orang yang bertauhid 2.4.1 Meneladani orang-orang yang berprilaku tauhid
2.4.2 Menunjukkan akibat bagi orang yang tidak bertauhid
2.4.3 Menunjukkan hikmah bagi orang yang bertauhid
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 Jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas


Standar Kompetensi : 3 Memahami syirik dalam Islam

KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER/BAHAN/ALAT
3.1 Menjelaskan pengertian syirik Deskripsi tentang syirik • Menjelaskan pengertian syirik
• Mendiskusikan dalil naqli yang berhubungan syirik
• Menunjukkan katagori prilaku yang termasuk syirik 3.1.1 Mengidentifikasi tentang syirik
3.1.2 Menganilis dalil naqli tentang syirik
3.1.3 Menyebutkan kategori prilaku yang termasuk syirik Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
4 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
3.2. Mengidentifikasi macam-macam syirik Macam-macam syirik  Menjelaskan macam-macam syirik
 Mempresentasikan hal-hal yang berhubungan dengan syirik
 Mencari dalil tentang larangan syirik 3.2.1 Menyebutkan macam-macam syirik
3.2.2 Menunjukkan dalil tentang larangan syirik
3.2.3 Menunjukkan contoh orang yang menghindari prilaku syirik Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
3.3. Menunjukkan prilaku orang yang berbuat syirik Prilaku bagi orang yang berbuat syirik • Mendiskusikan tentang prilaku syirik
• Menjelaskan akibat bagi orang yang berprilaku syirik
• Menjelaskan cara menghindari prilaku syirik 3.3.1 Mendemontrasikan contoh orang yang berprilaku syirik
3.3.2 Menunjukkan akibat orang yang berprilaku syirik
3.3.3 Menghindari dari prilaku syirik Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
4 Jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
3.4. Menjelaskan akibat berbuat syirik Akibar dari berbuat syirik • Menjelaskan contoh-contoh akibat buruk dari prilaku syirik
• Menyebutkan beberapa hikmah dari menghindari prilaku syirik
3.4.1 Memberi contoh akibat buruk dari prilaku syirik
3.4.2 Menunjukkan hikmah menghindari prilaku syirik Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 Jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
3.5 Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari Menghindarkan diri dari hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik • Mendiskusikan hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik
• Menjelaskan contoh perbuatan yang mengarah kepada perbuatan syirik
• Menjelaskan hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik 3.5.1 Menganalisis hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik
3.5.2 Memberi contoh perbuatan yang mengarah kepada syirik
3.5.3 Menyebutkan hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes 2 Jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas


Standar Kompetensi : 4. Memahami masalah akhlak

KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER/BAHAN/ALAT
4.1 Menjelaskan pengertian akhlak Pengertian dan ruang lingkupakhlak, persamaan antara akhlak, etika, moral dan budipekerti, contoh orang yang memiliki akhlak terpuji • Mendiskusikan pengertian akhlak
• Mencari dan membaca buku referensi yang terkait dengan ruang lingkup akhlak
• Mempresentasikan persamaan antara akhlak, etika, moral dan budi pekerti
• Menjelaskan contoh-contoh orang yang memiliki akhlak terpuji 4.1.1 Mengidentifikasi pengertian akhlak
4.1.2 Menjelaskan ruang lingkup akhlak
4.1.3 Menunjukkan persamaan antara akhlak, etika, moral da budi pekerti
4.1.4 Menunjukkan contoh orang yang memiliki akhlak terpuji Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
4.2. Menjelaskan induk-induk akhlak terpuji dan induk-induk akhlak tercela Induk-induk akhlak terpuji dan induk-induk akhlak tercela  Mencari referensi tentang induk akhlak terpuji
 Mempresentasikan tentang induk akhlak tercela
 Mencari dalil tentang akhlak terpuji dan akhlak tercela 4.2.1 Menyebutkan induk akhlak terpuji
4.2.2 Menyebutkan induk akhlak tercela
4.2.3 Menyebutkan dalil tentang akhlak terpuji dan tercela Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
4.3. Menjelaskan macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak Macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak • Menganalisis macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak
• Mendiskusikan macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak 4.3.1 Menyebutkan macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak
4.3.2 Menganalisis macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
4 Jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
4.4. Menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam kehidupan Macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak • Membiasakan diri melaksanakan macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak
• Menceritakan macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak
• Menunjukkan contoh orang yang memiliki kualitas akhlak dalam kehidupan 4.4.1 Melaksanakan macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak
4.4.2 Menjelaskan hikmah peningkatan kualitas akhlak
4.4.3 Menunjukkan contoh orang yang memiliki peningkatan kualitas akhlak
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 Jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas













S I L A B U S


Nama Sekolah : Madrasah Aliyah Bali Bina Insani
Mata Pelajartan : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : X / Genap
Standar Kompetensi : 5. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui sifat-sifatNya dalam asma’ul husna
Alokasi Waktu per semeste: JP

KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER/BAHAN/ALAT
5.1. Menguraikan 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw) 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw) • Menjelaskan pengertian 10 asmaul husna(almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw)
• Mendiakusikan10 asmaul husna(almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw) 5.1.1 Mengartikan 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw)
5.1.2 Menjelaskan 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw) Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas


5.2. Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran melalui sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna (Al-Muqsith, Al-Warits, An-Naafi’, Al-Baasith, Al-Hafiidz, Al-Waliy, Al-Waduud, Ar-Roofi’, Al-Mu’iz dan Al-Afuww Bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat Allah dalam 10 asmaul husna  Mendiskusikan dalil naqli tentang 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw)
 Menjelaskan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw) 5.2.1 Menganalisis dalil naqli tentang 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw)
5.2.2 Mengidentifikasi bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw) Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
5.3. Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari
Prilaku-prilaku orang yang mengamalkan 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) • Memeragakan contoh prilaku terpuji melalui 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
• Mendiskusikan hikmah orang yang memiliki sikap terpuji (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) 5.3.1 Memberi contoh prilaku terpuji melalui 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
5.3.2 Menunjukkan hikmah orang yang memiliki sikap terpuji melalui 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
4 Jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
5.4. Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari Teladan bagi orang yang mengamalkan sifat Allah dalam 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) • Menjelaskan katagori orang yang termasuk berprilaku terpuji melalui 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
• Mendiskusikan akibat dari tidak dilaksanakanya prilaku terpuji dalam 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) 5.4.1 Menyebutkan katagori orang yang termasuk berprilaku terpuji melalui 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
5.4.2 Menunjukkan akibat dari tidak dilaksanakanya prilaku terpuji dalam 10 asmaul (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes






2 Jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas



Standar Kompetensi : 6. Membiasakan prilaku terpuji

KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER/BAHAN/ALAT
6.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat
Pengertian husnudz-dzan dan bertaubat • Membaca buku mencari deskripsi tentang husnudz-dzan dan bertaubat
• Mempresentasikan masalah husnudz-dzan dan bertaubat
• Mendiskusikan masalah perbedaan antara husnudz-dzan dan bertaubat 6.1.1 Mendeskripsikan pengertian husnudz-dzan dan bertaubat
6.1.2 Menjelaskan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat
6.1.3 Membedakan antara prilaku husnudz-dzan dan bertaubat
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
6.2.Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku husnudz-dzan dan bertaubat
Bentuk dan contoh-contoh perilaku husnudz-dzan dan bertaubat  Mencari dan membaca buku tentang bentuk-bentuk prilaku husnudzan
 Mendiskusikan contoh-contoh prilaku husnudzan
 Mempraktekkan bentuk-bentuk prilaku taubat
 Menjelaskan contoh-contoh orang yang berprilaku taubat 6.2.1 Menjelaskan bentuk-bentuk prilaku husnudzan
6.2.2 Menganalisis contoh-contoh prilaku husnudzan
6.2.3 Menjelaskan bentuk-bentuk prilaku taubat
6.2.4 Menyebutkan contoh orang yang berprilaku taubat Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
6.3 Menunjuk-kan nilai-nilai positif dari husnudz-dzan dan bertaubat dalam fenomena kehidupan
Nilai-nilai positif dari husnudz-dzan dan bertaubat • Menjelaskan nilai-nilai positif dari husnudz-dzan dan bertaubat
• Mempresentasikan nilai-nilai positif dari husnudz-dzan dan bertaubat
• Mendiskusikan nilai-nilai positif dari husnudz-dzan dan bertaubat 6.3.1 Menyebutkan nilai-nilai positif dari husnudz-dzan dan bertaubat
6.3.2 Memberikan contoh nilai-nilai positif dari husnudz-dzan dan bertaubat
6.3.3 Menunjukkan contoh orang yang berprilaku husnudz-dzan dan bertaubat
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
4 Jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
6.4.Membiasakan perilaku husnudz-dzan dan bertaubat Perilaku husnudz-dzan dan bertaubat • Menjelaskan akibat jika tidak dilaksanakanya nilai-nilai positif dari husnudz-dzan dan bertaubat
• Mendiskusikan hikmah nilai-nilai positif dari husnudz-dzan dan bertaubat 6.4.1 Menunjukkan akibat jika tidak dilaksanakanya nilai-nilai positif dari husnudz-dzan dan bertaubat
6.4.2 Menunjukkan hikmah nilai-nilai positif dari husnudz-dzan dan bertaubat Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes






2 Jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas



Standar Kompetensi : 7. Menghindari prilaku tercela

KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER/BAHAN/ALAT
7.1. Menjelaskan pengertian riya, aniaya dan diskriminasi
Riya, aniaya dan diskriminasi • Menjelaskan pengertian pengertian riya, aniaya dan diskriminasi
• Mendiskusikan dalil naqli yang berkaitan denngan pengertian riya, aniaya dan diskriminasi
7.1.1 Mendefinisikan pengertian riya, aniaya dan diskriminasi
7.1.2 Menganalisis dalil naqli yang berkaitan dengan pengertian riya, aniaya dan diskriminasi
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
7.2.Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi  Menjelaskan bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
 Mencari dan membaca buku referensi yang berkaitan dengan bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi 7.2.1 Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
7.2.2 menyebutkan katagori orang yang berprilaku riya, aniaya dan diskriminasi
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
7.3. Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi • Menjelaskan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
• Mendiskusikan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi 7.3.1 Menganalisis nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
7.3.2 Mengemukakan argumen bantahan tentang tidak benarnya sikap riya’, aniaya dan diskriminasi
7.3.3 Menunjukkan contoh orang yang menghindari perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
4 Jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
7.4 Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku riya, aniaya dan diskriminasi Hal-hal yang mengarah pada perilaku riya, aniaya dan diskriminasi • Menjelaskan pentingnya menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku riya, aniaya dan diskriminasi
• Mendiskusikan hikmah dari menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku riya, aniaya dan diskriminasi 7.4.1 Meneladani orang yang menghindari sikap yang mengarah pada perilaku riya, aniaya dan diskriminasi
7.4.2 Menunjukkan hikmah menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku riya, aniaya dan diskriminasi
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes






2 Jam Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas


Tabanan, 31 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran,



Drs. Imam Mawardi, M.Pd.I Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
NIP: 19660 111199603 1001 NIP.

Tidak ada komentar: