..::MA Bali Bina Insani is welcoming your visit. =D::..

Selasa, 12 Oktober 2010

RPP SKI EEK

MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali

RINCIAN WAKTU EFEKTIF

Mata Pelajaran : SKI

Kelas /semester : XII / II

Tahun Pelajaran : 2010 / 2011


BULAN JUMLAH PEKAN PEKAN TDAK EFEKTIF
Januari 4 -
Pebruari 4 -
Maret 5 -
April 4 -
Mei 5 -
Juni 4 -
Jumlah 26 3


Pekan Efektif : 26-3 = 23
23 x 2 Jp = 46 Jp


 Pembelajaran = 36 Jp
 Ulangan Harian = 6 Jp
 Cadangan = 4 Jp
46 Jp



Mengetahui Kerambitan, 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.












MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali


RINCIAN WAKTU EFEKTIF

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas /semester : XII / II

Tahun Pelajaran : 2009 / 2010

BULAN JUMLAH PEKAN PEKAN TDAK EFEKTIF
Januari 4 -
Pebruari 4 -
Maret 5 -
April 4 -
Mei 5 -
Juni 4 -
Jumlah 26 3

Pekan Efektif : 26-3 = 23
23 x 2 Jp = 46 Jp

 Pembelajaran = 36 Jp
 Ulangan Harian = 6 Jp
 Cadangan = 4 Jp
46 Jp


Mengetahui Kerambitan, 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.















MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali


PROGRAM TAHUNAN


Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII /I
Sekolah : Madrasah Aliyah Bali Bina Insani Kerambitan
tahun pelajaran : 2010/20011


Semester Materi Pokok Alokasi Waktu
I • Keteladanan dakwah Rosulullah dalam membina umat.
• Kepemimpinan umat islam pasca nabi wafat.
• Perkembangan islam periode klasik (zaman keemasan).
• Perkembangan islam pada periode pertangahan/ zaman kemunduran.

4


2


4


3
Jumlah 13
II
• Perkembangan islam pada masa modern / zaman kebangkitan.
• Perkembangan islam di Indonesia.
• Perkembangan islam di dunia.

6


6

4
Jumlah 16



Mengetahui Kerambitan, 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.








MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali




PROGRAM TAHUNAN


Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII /I
Sekolah : MA. Bali Bina Insani
tahun pelajaran : 2010/20011


Semester Materi Pokok Alokasi Waktu
I • Keteladanan dakwah Rosulullah dalam membina umat.

• Kepemimpinan umat islam pasca nabi wafat.
7




6




Jumlah 13
II
• Memahami perkembangan islam periode klasik(zaman keemasan)pada tahun 650 M-1250 M.
• Memahami perkembangan islam periode pertengahan(zaman kemunduran)pada tahun 1250 M- 1800 M.


8




8
Jumlah 16




Mengetahui Kerambitan, 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.





MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali


PROGRAM TAHUNAN


Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : X /I
Sekolah : Madrasah Aliyah Bali Bina Insani Kerambitan
tahun pelajaran : 2010/20011


Semester Materi Pokok Alokasi Waktu
I • Keteladanan dakwah Rosulullah dalam membina umat.
• Kepemimpinan umat islam pasca nabi wafat.
4


4





Jumlah 13
II
• Perkembangan islam periode klasik (zaman keemasan).
8



Jumlah 16



Mengetahui Kerambitan, 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.

















MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali


PROGRAM TAHUNAN


Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XI /I
Sekolah : Madrasah Aliyah Bali Bina Insani Kerambitan
tahun pelajaran : 2010/20011


Semester Materi Pokok Alokasi Waktu
I • Perkembangan islam pada periode pertengahan/ zaman kemunduran.

6



Jumlah 6
II
• Perkembangan islam pada masa modern / zaman kebangkitan.


7




Jumlah 7
Jumlah 13



Mengetahui Kerambitan, 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.



















MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali


PROGRAM TAHUNAN


Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII /I
Sekolah : Madrasah Aliyah Bali Bina Insani Kerambitan
tahun pelajaran : 2010/20011


Semester Materi Pokok Alokasi Waktu
I • Perkembangan islam di Indonesia.

6




Jumlah 6
II
• Perkembangan islam di dunia.

5



Jumlah 5
Jumlah 11



Mengetahui Kerambitan, 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.





















MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 1

Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XI/II

A. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam pada masa modern/zaman kebangkitan (1800 M-sekarang)
B. Kompetensi Dasar : Menjelaskan perkembangan islam di massa modern
C. Alokasi Waktu : 1 x 45

D. Indikator Pencapaian kompetensi :

 Siswa mampu memahami penjelasan guru tentang perkembangan islam pada masa modern.
 Siswa mampu menjelaskan perkembangan islam pada masa modern.
E. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui ceramah dan Tanya jawab siswa diharapkan mampu memahami perkaembangan islam pada masa modern.

F. Materi pembelajaran : Perkembangan islam pada masa modern / zaman kebangkitan.
G. KKM : 70
H. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita
I. Langkah-Langkah Pembelajaran :

Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1
Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :
Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.
Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.

Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.

Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.

Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya





10 menit

Ceramah dan Tanya jawab

Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan perkembangan islam di masa modern. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang perkembangan islam di masa modern. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4
Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut. Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.
Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
(Konfirmasi)
Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab

Fase 6
Memberi Penghargaan Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok. Siswa menerima penghargaan guru

J. Sumber dan media pembelajaran:
a. Buku SKI MA
b. Buku-buku yang relevan


K. Penilaian :

a. Tes : Dengan essay 2 butir soal
b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.


INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menjelaskan perkembangan islam di masa modern.

2. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran perkembangan islam pada masa modern Tes



Non Tes Uraian



Penilaian minat belajar 1. Jelaskan perkembangan islam pada masa modern.






Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.





















MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 2

Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XI/II

L. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam pada masa modern/zaman kebangkitan (1800 M-sekarang)
M. Kompetensi Dasar : Menjelaskan perkembangan islam di massa modern
N. Alokasi Waktu : 1 x 45

O. Indikator Pencapaian kompetensi :

 Siswa mampu menjelaskan perkembangan islam pada masa modern.
 Siswa mampu menyebutkan perkembangan islam pada masa modern.
P. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui diskusi dan presentasi diharapkan siswa mampu menyebutkan perkembangan islam pada masa modern.

Q. Materi pembelajaran : Perkembangan islam pada masa modern / zaman kebangkitan.
R. KKM : 70
S. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita
T. Langkah-Langkah Pembelajaran :

Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1
Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :
Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.
Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.

Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.

Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.

Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya





10 menit

Ceramah dan Tanya jawab

Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan perkembangan islam di masa modern. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang perkembangan islam di masa modern. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4
Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut. Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.
Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
(Konfirmasi)
Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab

Fase 6
Memberi Penghargaan Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok. Siswa menerima penghargaan guru

U. Sumber dan media pembelajaran:
a. Buku SKI MA
b. Buku-buku yang relevan


V. Penilaian :

a. Tes : Dengan essay 2 butir soal
b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.


INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menyebutkan perkembangan islam pada masa modern.

3. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran perkembangan islam pada masa modern Tes


Non Tes Uraian


Penilaian minat belajar
1. Sebutkan perkembangan-perkembangan islam pada masa modern.






Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.




















MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 3

Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XI/II

A. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam pada masa modern/zaman kebangkitan (1800 M-sekarang)
B. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern.
C. Alokasi Waktu : 2 x 45

D. Indikator Pencapaian kompetensi :

 Siswa mampu memahami penjelasan guru tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern.

E. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui ceramah dan Tanya jawab siswa diharapkan mampu menjelaskan peristiwapenting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern.

F. Materi pembelajaran : Perkembangan islam pada masa modern / zaman kebangkitan.
G. KKM : 70
H. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita

I. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1
Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :
Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.

Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.
Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.


Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.

Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya




10 menit
Ceramah dan Tanya jawab

Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di masa modern. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di masa modern. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4
Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut. Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.

Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
(Konfirmasi)
Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab
Fase 6
Memberi Penghargaan Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok. Siswa menerima penghargaan guru

J. Sumber dan media pembelajaran:
a. Buku SKI MA
b. Buku-buku yang relevan

K. Penilaian :

a. Tes : Dengan essay 2 butir soal
b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.

INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern.
2. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran perkembangan islam pada masa modern Tes




Non Tes Uraian




Penilaian minat belajar 1. Jelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern.
2.



Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.












MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 5

Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XI/II

L. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam pada masa modern/zaman kebangkitan (1800 M-sekarang)
M. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern.
N. Alokasi Waktu : 2 x 45

O. Indikator Pencapaian kompetensi :

 Siswa mampu menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern.
 Siswa mampu menyebutkan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern.

P. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui diskusi dan presentasi diharapkan siswa mampu menyebutkan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern.

Q. Materi pembelajaran : Perkembangan islam pada masa modern / zaman kebangkitan.
R. KKM : 70
S. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita

T. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1
Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :
Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.

Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.
Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.


Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.

Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya




10 menit
Ceramah dan Tanya jawab

Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di masa modern. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di masa modern. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4
Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut. Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.

Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
(Konfirmasi)
Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab
Fase 6
Memberi Penghargaan Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok. Siswa menerima penghargaan guru

U. Sumber dan media pembelajaran:
a. Buku SKI MA
b. Buku-buku yang relevan

V. Penilaian :

a. Tes : Dengan essay 2 butir soal
b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.

INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menyebutkan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern.
2. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran perkembangan islam pada masa modern Tes



Tes


Non Tes Uraian



Uraian


Penilaian minat belajar 3. Sebutkan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern.





Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.









MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 6
Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XI/II

A. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam pada masa modern/zaman kebangkitan (1800 M-sekarang)
B. Kompetensi Dasar : Mengambil ibrah dari perkembangan islam pada masa modern..
C. Alokasi Waktu : 2 x 45
D. Indikator Pencapaian kompetensi :
 Siswa mampu memahami ibrah dari perkembangan islam pada masa modern.
 Siswa mampu menjelaskan ibrah dari perkembangan islam pada masa modern.
E. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui ceramah dan Tanya jawab siswa diharapkan mampu mengambil hikmah dari perkembangan islam pada masa modern.
 Melalui diskusi dan presentasi diharapkan siswa mampu menyebutkan ibrah dari perkembangan islam pada masa modern.
F. Materi pembelajaran : Perkembangan islam pada masa modern / zaman kebangkitan.
G. KKM : 70
H. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita
I. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1
Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :
Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.
Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.

Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.


Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.

Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya
10 menit
Ceramah dan Tanya jawab

Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan ibrah dari perkembangan islam di masa modern. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang ibrah dari perkembangan islam di masa modern. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4
Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut. Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.
Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
(Konfirmasi)
Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab
Fase 6
Memberi Penghargaan Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok. Siswa menerima penghargaan guru


J. Sumber dan media pembelajaran:
a. Buku SKI MA
b. Buku-buku yang relevan
K. Penilaian :
a. Tes : Dengan essay 1 butir soal
b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.

INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menjelaskan ibrah dari perkembangan islam pada masa modern.

2. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran perkembangan islam pada masa modern. Tes

Non Tes Uraian

Penilaian minat belajar 1. Jelaskan ibrah dari perkembangan islam pada masa modern.











Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.
































MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 7
Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XI/II

L. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam pada masa modern/zaman kebangkitan (1800 M-sekarang)
M. Kompetensi Dasar : Mengambil ibrah dari perkembangan islam pada masa modern..
N. Alokasi Waktu : 2 x 45
O. Indikator Pencapaian kompetensi :
 Siswa mampu menyebutkan ibrah dari perkembangan islam pada masa modern.
P. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui ceramah dan Tanya jawab siswa diharapkan mampu mengambil hikmah dari perkembangan islam pada masa modern.
 Melalui diskusi dan presentasi diharapkan siswa mampu menyebutkan ibrah dari perkembangan islam pada masa modern.
Q. Materi pembelajaran : Perkembangan islam pada masa modern / zaman kebangkitan.
R. KKM : 70
S. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita
T. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1
Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :
Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.
Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.

Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.


Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.

Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya
10 menit
Ceramah dan Tanya jawab

Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan ibrah dari perkembangan islam di masa modern. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang ibrah dari perkembangan islam di masa modern. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4
Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut. Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.
Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
(Konfirmasi)
Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab
Fase 6
Memberi Penghargaan Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok. Siswa menerima penghargaan guru


U. Sumber dan media pembelajaran:
a. Buku SKI MA
b. Buku-buku yang relevan
V. Penilaian :
a. Tes : Dengan essay 1 butir soal
b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.

INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menyebutkan ibrah dari perkembangan islam pada masa modern.

2. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran perkembangan islam pada masa modern. Tes

Non Tes Uraian

Penilaian minat belajar 1. Sebutkan ibrah dari perkembangan islam pada masa modern.











Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.



































MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 1


Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII/I

A. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam di Indonesia
B. Kompetensi Dasar : Menjelaskan perkembangan islam di Indonesia.
C. Alokasi Waktu : 1 x 45
D. Indikator Pencapaian kompetensi :
 Siswa mampu memahami penjelasan guru tentang perkembangan islam di Indonesia.
 Siswa mampu menjelaskan perkembangan islam di Indonesia.
E. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui ceramah dan Tanya jawab siswa diharapkan mampu mengambil hikmah dari perkembangan islam di Indonesia.
 Melalui diskusi dan presentasi diharapkan siswa mampu menyebutkan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.
F. Materi pembelajaran : Perkembangan islam di Indonesia.
G. KKM : 70
H. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita
I. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1
Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :
Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.
Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.
Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.

Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.

Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya
10 menit
Ceramah dan Tanya jawab
Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan perkembangan islam di Indonesia. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab perkembangan islam di Indonesia. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4

Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)

Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut. Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :

Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.

Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
(Konfirmasi)

Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab

Fase 6
Memberi Penghargaan
Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok.
Siswa menerima penghargaan guru

J. Sumber dan media pembelajaran:
a. Buku SKI MA
b. Buku-buku yang relevan
K. Penilaian :
a. Tes : Dengan essay 1 butir soal
b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.

INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menjelaskan perkembangan islam di Indonesia.

2. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran perkembangan islam di Indonesia Tes


Non Tes Uraian


Penilaian minat belajar 1. Jelaskan perkembangan islam di Indonesia.













Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.
























MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 2


Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII/I

A. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam di Indonesia
B. Kompetensi Dasar : Menjelaskan perkembangan islam di Indonesia.
C. Alokasi Waktu : 1 x 45
D. Indikator Pencapaian kompetensi :
 Siswa mampu menyebutkan perkembangan islam di Indonesia.
E. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui ceramah dan Tanya jawab siswa diharapkan mampu mengambil hikmah dari perkembangan islam di Indonesia.
 Melalui diskusi dan presentasi diharapkan siswa mampu menyebutkan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.
F. Materi pembelajaran : Perkembangan islam di Indonesia.
G. KKM : 70
H. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita
I. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1
Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :
Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.
Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.
Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.

Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.

Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya
10 menit
Ceramah dan Tanya jawab
Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan perkembangan islam di Indonesia. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab perkembangan islam di Indonesia. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4
Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut. Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.

Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?” (Konfirmasi)
Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab
Fase 6
Memberi Penghargaan
Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok.
Siswa menerima penghargaan guru

J. Sumber dan media pembelajaran:
a. Buku SKI MA
b. Buku-buku yang relevan
K. Penilaian :
a. Tes : Dengan essay 1 butir soal
b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.

INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menjelaskan perkembangan islam di Indonesia.

2. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran perkembangan islam di Indonesia Tes


Non Tes Uraian


Penilaian minat belajar 1. Jelaskan perkembangan islam di Indonesia.













Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.

































MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 3

Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII/I

A. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam di Indonesia
B. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di Indonesia.
C. Alokasi Waktu : 1 x 45

D. Indikator Pencapaian kompetensi :

 Siswa mampu memahami menjelasan guru tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi tentang perkembangan islam di Indonesia.
 Siswa mampu menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di Indonesia.


E. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui ceramah dan Tanya jawab siswa diharapkan mampu menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern.
F. Materi pembelajaran : Perkembangan islam di Indonesia.
G. KKM : 70
H. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita
I. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1
Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :
Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.

Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.
Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.


Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.

Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya




10 menit
Ceramah dan Tanya jawab


Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di Indonesia. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di Indonesia. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4
Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut. Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.

Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?” (Konfirmasi)
Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab
Fase 6
Memberi Penghargaan
Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok.
Siswa menerima penghargaan guru
J. Sumber dan media pembelajaran:
a. Buku SKI MA
b. Buku-buku yang relevan

K. Penilaian :
a. Tes : Dengan essay 2 butir soal
b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.

INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di Indonesia.
2. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di Indonesia Tes


Tes uraian


uraian


Penilaian minat belajar 1. Jelaskan peristiwa penting dalam perkembangan islam di Indonesia.












Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.









MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 4

Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII/I

L. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam di Indonesia
M. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di Indonesia.
N. Alokasi Waktu : 1 x 45

O. Indikator Pencapaian kompetensi :

 Siswa mampu menyebutkan tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi tentang perkembangan islam di Indonesia pada masa modern.
P. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui diskusi dan presentasi diharapkan siswa mampu menyebutkan peristiwa penting tentang perkembangan islam pada masa modern.
Q. Materi pembelajaran : Perkembangan islam di Indonesia.
R. KKM : 70
S. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita
T. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1
Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :
Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.

Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.
Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.


Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.

Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya




10 menit
Ceramah dan Tanya jawab


Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di Indonesia. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di Indonesia. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4
Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut. Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.

Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?” (Konfirmasi)
Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab
Fase 6
Memberi Penghargaan
Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok.
Siswa menerima penghargaan guru
U. Sumber dan media pembelajaran:
a. Buku SKI MA
b. Buku-buku yang relevan

V. Penilaian :
a. Tes : Dengan essay 2 butir soal
b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.

INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
12. Siswa dapat menyebutkan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di Indonesia.
3. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di Indonesia Tes


uraian




Penilaian minat belajar
1. Sebutkan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di Indonesia.








Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.















MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 5

Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII/I

A. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam di Indonesia
B. Kompetensi Dasar : Mengambil ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.
C. Alokasi Waktu : 1 x 45

D. Indikator Pencapaian kompetensi :

 Siswa mampu mengambil ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.
 Siswa mampu menjelaskan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.
 Siswa mampu menyebutkan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.

E. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui ceramah dan Tanya jawab siswa diharapkan mampu menjelaskan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.
 Melalui diskusi dan presentasi diharapkan siswa mampu menyebutkan perkembangan islam di Indonesia.
 Melalui ceramah dan Tanya jawab diharapkan siswa mampu memahami perkembangan islam di Indonesia.


F. Materi pembelajaran : Perkembangan islam di Indonesia.

G. KKM : 70

H. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita

I. Langkah-Langkah Pembelajaran :

Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1
Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :
Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.

Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.
Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.
Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.

Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya






10 menit
Ceramah dan Tanya jawab


Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang ibrah dari perkembangan islam di Indonesia. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4
Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut. Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.

Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
(Konfirmasi)
Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab
Fase 6
Memberi Penghargaan Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok. Siswa menerima penghargaan guru
J. Sumber dan media pembelajaran:
a. Buku SKI MA
b. Buku-buku yang relevan

K. Penilaian :
a. Tes : Dengan essay 2 butir soal
b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.
INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menjelaskan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.
2. Siswa dapat menyebutkan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.

2. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran ibrah dari perkembangan islam di Indonesia Tes


Tes uraian


uraian

Penilaian minat belajar 1. Jelaskan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.

2. Sebutkan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.












Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.









MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 6

Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII/I

L. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam di Indonesia
M. Kompetensi Dasar : Mengambil ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.
N. Alokasi Waktu : 1 x 45

O. Indikator Pencapaian kompetensi :

 Siswa mampu mengambil ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.
 Siswa mampu menjelaskan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.
 Siswa mampu menyebutkan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.

P. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui ceramah dan Tanya jawab siswa diharapkan mampu menjelaskan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.
 Melalui diskusi dan presentasi diharapkan siswa mampu menyebutkan perkembangan islam di Indonesia.
 Melalui ceramah dan Tanya jawab diharapkan siswa mampu memahami perkembangan islam di Indonesia.


Q. Materi pembelajaran : Perkembangan islam di Indonesia.

R. KKM : 70

S. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita

T. Langkah-Langkah Pembelajaran :

Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1
Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :
Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.

Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.
Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.
Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.

Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya






10 menit
Ceramah dan Tanya jawab


Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang ibrah dari perkembangan islam di Indonesia. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4
Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut. Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.

Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
(Konfirmasi)
Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab
Fase 6
Memberi Penghargaan Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok. Siswa menerima penghargaan guru
U. Sumber dan media pembelajaran:
a. Buku SKI MA
b. Buku-buku yang relevan

V. Penilaian :
a. Tes : Dengan essay 2 butir soal
b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.
INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menjelaskan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.
2. Siswa dapat menyebutkan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.

2. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran ibrah dari perkembangan islam di Indonesia Tes


Tes uraian


uraian

Penilaian minat belajar 3. Jelaskan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.

4. Sebutkan ibrah dari perkembangan islam di Indonesia.












Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.








MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 1

Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII/II

A. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam di Dunia
B. Kompetensi Dasar : Menjelaskan perkembangan islam di Dunia
C. Alokasi Waktu : 1 x 45

D. Indikator Pencapaian kompetensi :

 Siswa mampu memahami penjelasan guru tentang perkembangan islam di dunia.
 Siswa mampu menjelaskan perkembangan islam di dunia.
E. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui ceramah dan Tanya jawab siswa diharapkan mampu menjelaskan perkembangan islam di dunia.
F. Materi pembelajaran : Perkembangan islam di dunia.
G. KKM : 70
H. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita
I. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1
Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :
Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.
Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.
Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.

Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.

Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya
10 menit
Ceramah dan Tanya jawab
Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan perkembangan islam di dunia. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang perkembangan islam di dunia. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4
Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut.
Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.
Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
(Konfirmasi)
Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab
Fase 6
Memberi Penghargaan
Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok.
Siswa menerima penghargaan guru

J. Sumber dan media pembelajaran:

a. Buku SKI untuk kelas XII
b. Buku-buku yang relevan

K. Penilaian :

a. Tes : Dengan essay 1 butir soal
b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.

INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menjelaskan perkembangan islam di dunia.

2. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran ibrah dari perkembangan islam di Indonesia Tes





uraian


Penilaian minat belajar 1. Jelaskan perkembangan islam di dunia.












Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.

















MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 2

Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII/II

L. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam di Dunia
M. Kompetensi Dasar : Menjelaskan perkembangan islam di Dunia
N. Alokasi Waktu : 1 x 45

O. Indikator Pencapaian kompetensi :

 Siswa mampu menyebutkan perkembangan islam di dunia.
P. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui diskusi dan presentasi diharapkan siswa mampu menyebutkan perkembangan islam di dunia.
Q. Materi pembelajaran : Perkembangan islam di dunia.
R. KKM : 70
S. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita
T. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1
Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :
Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.
Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.
Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.

Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.

Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya
10 menit
Ceramah dan Tanya jawab
Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan perkembangan islam di dunia. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang perkembangan islam di dunia. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4
Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut.
Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.
Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
(Konfirmasi)
Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab
Fase 6
Memberi Penghargaan
Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok.
Siswa menerima penghargaan guru

U. Sumber dan media pembelajaran:

a. Buku SKI untuk kelas XII
b. Buku-buku yang relevan

V. Penilaian :

a. Tes : Dengan essay 1 butir soal
b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.

INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menjelaskan perkembangan islam di dunia.

2. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran ibrah dari perkembangan islam di Indonesia Tes





uraian


Penilaian minat belajar 2. Jelaskan perkembangan islam di dunia.












Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.



















MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 3

Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII/II

W. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam di Dunia
X. Kompetensi Dasar : Menjelaskan perkembangan islam di Dunia
Y. Alokasi Waktu : 1 x 45

Z. Indikator Pencapaian kompetensi :

 Siswa mampu memahami penjelasan guru tentang perkembangan islam di dunia.
 Siswa mampu menjelaskan perkembangan islam di dunia.
 Siswa mampu menyebutkan perkembangan islam di dunia.
AA. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui ceramah dan Tanya jawab siswa diharapkan mampu menjelaskan perkembangan islam di dunia.
 Melalui diskusi dan presentasi diharapkan siswa mampu menyebutkan perkembangan islam di dunia.
BB. Materi pembelajaran : Perkembangan islam di dunia.
CC. KKM : 70
DD. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita
EE. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1
Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :
Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.
Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.
Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.

Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.

Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya
10 menit
Ceramah dan Tanya jawab
Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan perkembangan islam di dunia. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang perkembangan islam di dunia. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4
Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut.
Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.
Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
(Konfirmasi)
Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab
Fase 6
Memberi Penghargaan
Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok.
Siswa menerima penghargaan guru

FF. Sumber dan media pembelajaran:

a. Buku SKI untuk kelas XII
b. Buku-buku yang relevan

GG. Penilaian :

a. Tes : Dengan essay 1 butir soal
b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.

INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menjelaskan perkembangan islam di dunia.

2. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran ibrah dari perkembangan islam di Indonesia Tes





uraian


Penilaian minat belajar 3. Jelaskan perkembangan islam di dunia.












Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.













MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 4

Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII/II

A. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam didunia
B. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia.
C. Alokasi Waktu : 1 x 45

D. Indikator Pencapaian kompetensi :

 Siswa mampu memahami menjelasan guru tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi tentang perkembangan islam di dunia.
 Siswa mampu menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia.
 Siswa mampu menyebutkan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia.

E. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui ceramah dan Tanya jawab siswa diharapkan mampu menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern.
 Melalui diskusi dan presentasi diharapkan siswa mampu menyebutkan peristiwa penting tentang perkembangan islam pada masa modern.


F. Materi pembelajaran : Perkembangan islam di dunia.
G. KKM : 70
H. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita
I. Langkah-Langkah Pembelajaran :

Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1

Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :

Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.

Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.

Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.



Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.


Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.


Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya






10 menit

Ceramah dan Tanya jawab


Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3

Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok

Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4

Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)

Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut. Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :

Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.


Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
(Konfirmasi)

Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab

Fase 6
Memberi Penghargaan
Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok.
Siswa menerima penghargaan guru





J. Sumber dan media pembelajaran:

a. Buku SKI MA

b. Buku-buku yang relevan

K. Penilaian :

a. Tes : Dengan essay 2 butir soal

b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.


INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia




2. Siswa dapat menyebutkan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia.



2. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di Indonesia Tes





Tes uraian





uraian



Penilaian minat belajar 1. Jelaskan peristiwa penting dalam perkembangan islam di dunia.







2. Sebutkan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia.














Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.
































MADRASAH ALIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA- ROYBA
Jl. Timpag Desa Meliling Kec. Kerambitan Tabanan Bali

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP) 5

Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Mata Pelajran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII/II

L. Standar Kompetensi : Memahami Perkembangan islam didunia
M. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia.
N. Alokasi Waktu : 1 x 45

O. Indikator Pencapaian kompetensi :

 Siswa mampu memahami menjelasan guru tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi tentang perkembangan islam di dunia.
 Siswa mampu menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia.
 Siswa mampu menyebutkan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia.

P. Tujuan Pembelajaran :
 Melalui ceramah dan Tanya jawab siswa diharapkan mampu menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern.
 Melalui diskusi dan presentasi diharapkan siswa mampu menyebutkan peristiwa penting tentang perkembangan islam pada masa modern.


Q. Materi pembelajaran : Perkembangan islam di dunia.
R. KKM : 70
S. Stratgi Pembelajaran : Metode :
- Diskusi - Tanya jawab
- Ceramah - Penugasan
- Presentasi - Bercerita
T. Langkah-Langkah Pembelajaran :

Sintaks Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu Metode
Fase1

Menyampaikan tujuan dan pemotivasian Kegiatan awal :

Appersepsi :
Menanyakan tentang materi sebelumnya dan kesiapan siswa.

Motivasi :
Memberi gambaran tentang materi yang akan disampaikan.

Tujuan :
Diharapkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan.



Siswa mendengar dan menjawab dengan seksama.


Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat.


Siswa mendengar sehingga tumbuh minat belajarnya






10 menit

Ceramah dan Tanya jawab


Ceramah dan Tanya jawab
Fase 2
Menyampaikan Informasi dan mendemostrasikan pengetahuan Kegiatan Inti :
Secara deklaratif menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia. ( Eksplorasi)
Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia. 60 menit Ceramah dan Tanya Jawab
Fase 3

Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok

Guru membagi siswa dalam kelompok belajar serta menjelaskan tugas yang diberikan. (Elaborasi)
Siswa mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama dan mendiskusikan tugas yang diberikan. Tanya Jawab, Diskusi dan penugasan
Fase 4

Membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
Guru membimbing kelompok belajar pada pada saat siswa diskusi kelompok,mengamati dan melakukan penilaian terhadap minat belajar. (Elaborasi)

Siswa bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yang berkaitan dan mempresentasikannya dengan dwakili oleh satu orang dari kelompok tersebut. Diskusi klompok, Tanya jawab dan presentasi
Fase 5
Evaluasi Kegiatan Penutup :

Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikn koreksi dan memberikan umpan balik dan penguatan.


Refleksi :
Guru menanyakan, “bagaimana perasaan beajar pada hari ini anak-anak? Apa saja yang sudah kalian pelajari pada hari ini?
Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
(Konfirmasi)

Antar kelompok saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan dari guru

20 Menit Penugasan, ceramah dan Tanya Jawab

Fase 6
Memberi Penghargaan
Guru memberi penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok.
Siswa menerima penghargaan guru





U. Sumber dan media pembelajaran:

a. Buku SKI MA

b. Buku-buku yang relevan

V. Penilaian :

a. Tes : Dengan essay 2 butir soal

b. Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian Presentasi.


INDIKATOR SOAL TEKNIK BENTUK CONTOH SOAL
1. Siswa dapat menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia




2. Siswa dapat menyebutkan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia.



2. Siswa dapat tumbuh minat belajarnya melalui pembelajaran peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di Indonesia Tes





Tes uraian





uraian



Penilaian minat belajar 3. Jelaskan peristiwa penting dalam perkembangan islam di dunia.







4. Sebutkan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia.














Mengetahui Kerambitan, 4 Januari 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Ag
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.






















END

Tidak ada komentar: