..::MA Bali Bina Insani is welcoming your visit. =D::..

Selasa, 12 Oktober 2010

Silabus SKI XII

SILABUS

Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Kelas / Semester : XII / I
Mata Pelajaran : SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Standar Kompetensi 1 : Memahami keteladanan dakwah Rasulullah dalam membina umat.

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alat & Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen
Menceritakan sejarah dakwah Rosulullah saw. Pada periode mekah dan madinah Keteladanan dakwah Rasulullah dalam membina umat • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Sejarah dakwah Rasulullah Saw. pada periode Mekah dan Madinah.

• Ciri-ciri masyarakat yang dihadapi rasulullah Saw.pada periode Mekah dan Madinah.

• Pengaruh dakwah rosulullah Saw, terhadap umat pada periode mekah dan madinah.
Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI
Mendiskripsikan subtansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. Pada periode mekah dan madinah Keteladanan dakwah Rasulullah dalam membina umat • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Menguraikan subtansi dan strategi dakwah rasulullah di mekah.

• Menguraikan subtansi dan strategi dakwah rasulullah di madinah.
Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI



Kompetensi
Dasar Materi
Pokok Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alat & Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen

Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan Rasulullah saw dalam dakwah islam pada periode mekah dan madinah
Keteladanan dakwah Rasulullah dalam membina umat
• Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru
• Menganalisis hasil-hasil perjuangan Rasulullah Saw.dalam dakwah islam pada periode mekah

• Menganalisis hasil-hasil perjuangan Rasulullah Saw.dalam dakwah islam pada periode madinah.




Kuis, tes, kerja kelompok
Isian dan uraian
Al Qur’an,
LKS, Buku Paket SKI
Mengambil ibrah dari perjuangan rasulullah saw.dalam dakwah islam pada periode mekah dan madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang. Keteladanan dakwah Rasulullah dalam membina umat • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Memahami ibrah dari perjuangan rasulullah Saw.dalam dakwah islam pada periode mekah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.

• Memahami ibrah dari perjuangan rasulullah Saw.dalam dakwah islam pada periode madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.



Standar Kompetensi 2 : Memahami masalah kepemimpinan umat islam pasca nabi wafat.


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alat & Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen
Menceritakan proses dan model pemilihan kepemimpinan pada masa khulafaur Rasyidin Kepemimpinan umat islam pasca nabi wafat • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Menguraikan proses dan model pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah.
• Menguraikan proses dan model pemilihan Umar bin Khattab sebagai khalifah.
• Menguraikan proses dan model pemilihan Usman bin Affan sebagai khalifah.
• Menguraikan proses dan model pemilihan Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah.
Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI
Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Khulafaur Rasyidin Kepemimpinan umat islam pasca nabi wafat • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Abu Bakar .
• Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Umar bin Khattab.
• Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Usman bin Affan
• Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Ali bin Abi Thalib.
Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian , Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI
Mengambil ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang. Kepemimpinan umat islam pasca nabi wafat • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Memahami Ibrah pada masa kepemimpinan Abu Bakar.
• Memahami Ibrah pada pada masa kepemimpinan Umar bin Khattab
• Memahami ibrah pada massa kepemimpinan usman bin affan
• Memahami ibrah pada massa kepemimpinan Ali bin Abi Thalib
Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI





Standar Kompetensi 3 : Memahami perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 1650 M-1250M

Kompetensi
Dasar Materi
Pokok Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alat & Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen
Menjelaskan perkembangan islam pada periode klasik. Perkembangan islam pada periode klasik (zaman kmunduran) • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Mendeskripsikan perkembangan islam pada masa Dinasti Umayyah.
• Mendeskripsikan perkembangan islam pada masa Dinasti Abbasiyyah. Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada periode klasik. Perkembangan islam pada periode klasik (zaman kmunduran) • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dalam perkembangan islam pada masa periode klasik.
• Menyebutkan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa periode klasik.
Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI
Mengambil ibrah dari perkembangan islam pada periode klasik untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang. Perkembangan islam pada periode klasik (zaman kmunduran) • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Memahami Ibrah dari perkembangan islam pada masa dinasti umayyah I.
• Memahami Ibrah dari perkembangan islam pada masa dinasti abbasiyah.
• Memahami Ibrah dari perkembangan islam pada masa dinasti umayyah II.

Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI





Standar Kompetensi 4 : Memahami perkembangan Islam pada periode pertengahan / zaman kemunduran ( 1250-1800M)

Kompetensi
Dasar Materi
Pokok Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alat & Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen
Menjelaskan perkembangan islam pada abad pertengahan Perkembangan islam pada periode pertengahan / zaman kemunduran • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Mendeskripsikan Sejarah berdirinya kerajaan Turki Usmani
• Mendeskripsikan Sejarah berdirinya kerajaan Safawi
• Mendeskripsikan Sejarah berdirinya kerajaan Mugal
• Memahami ibrah perkembangan islam pada masa pertengahan.

Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh berprestasi dalam perkembangan islam pada abad pertengahan. Perkembangan islam pada periode pertengahan / zaman kemunduran • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Mendeskripsikan kemajuan-kemajuan yang dicapai kerajaan Turki Usmani.
• Mendeskripsikan kemajuan-kemajuan yang dicapai kerajaan Safawi.
• Mendeskripsikan kemajuan-kemajuan yang dicapai kerajaan Mugal.
Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI





Kompetensi
Dasar Materi
Pokok Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alat & Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen
Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan islam pada periode pertengahan untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang. Perkembangan islam pada periode pertengahan / zaman kemunduran • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Memahami Ibrah dari perkembangan islam pada periode pertengahan untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.



Kuis, tes, kerja kelompok
Isian dan uraian
Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI




Mengetahui Kerambitan, 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Pd.I
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.



SILABUS
Sekolah : MA. Bali Bina Insani
Kelas : XII
Semester : II
Mata Pelajaran : SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Standar Kompetensi 5 : Memahami perkembangan islam pada masa modern/zaman kebangkitan (1800M – sekarang)
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alat & Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen
Menjelaskan perkembangan islam di masa modern perkembangan islam pada masa modern/zaman kebangkitan • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Siswa mampu memahami penjelasan guru tentang perkembangan islam pada masa modern
• Siswa mampu menjelaskan perkembangan islam pada masa modern
• Siswa mampu menyebutkan perkembangan islam pada masa modern Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI
Mengidentifikasi peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern perkembangan islam pada masa modern/zaman kebangkitan • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Siswa mampu memahami penjelasan guru tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern
• Siswa mampu menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern
• Siswa mampu menyebutkan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI
Mengambil Ibrah dari
perkembangan islam pada masa modern perkembangan islam pada masa modern/zaman kebangkitan • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Siswa mampu mengambil Ibrah dari perkembangan islam pada masa modern
• Siswa mampu menjelaskan Ibrah dari perkembangan islam pada masa modern
• Siswa mampu menyebutkan Ibrah dari perkembangan islam pada masa modern


Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI


Standar Kompetensi 6 : Memahami perkembangan Islam di indonesia
Kompetensi
Dasar Materi
Pokok Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alat & Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen
Menjelaskan perkembangan islam di indonesia perkembangan Islam di indonesia • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Siswa mampu memahami penjelasan guru tentang perkembangan islam di indonesia
• Siswa mampu menjelaskan perkembangan islam di indonesia
• Siswa mampu menyebutkan perkembangan islam di indonesia Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI
Mengidentifikasi peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di indonesia perkembangan Islam di indonesia • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Siswa mampu memahami penjelasan guru tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di indonesia
• Siswa mampu menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di indonesia
• Siswa mampu menyebutkan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di indonesia Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian , Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI
Mengambil Ibrah dari perkembangan islam di indonesia perkembangan Islam di indonesia • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Siswa mampu mengambil Ibrah dari perkembangan islam di indonesia
• Siswa mampu menjelaskan Ibrah dari perkembangan islam di indonesia
• Siswa mampu menyebutkan Ibrah dari perkembangan islam di indonesia Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI


Standar Kompetensi 7 : Memahami perkembangan Islam di dunia


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alat & Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen
Menjelaskan perkembangan islam di dunia perkembangan Islam di dunia • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Siswa mampu memahami penjelasan guru tentang perkembangan islam di dunia
• Siswa mampu menjelaskan perkembangan islam di dunia
• Siswa mampu menyebutkan perkembangan islam di dunia Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI
Mengidentifikasi peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam pada masa modern perkembangan Islam di dunia • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Siswa mampu memahami penjelasan guru tentang peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia
• Siswa mampu menjelaskan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia
• Siswa mampu menyebutkan peristiwa penting dan tokoh yang berprestasi dalam perkembangan islam di dunia Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI



Kompetensi
Dasar Materi
Pokok Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Penilaian Alat & Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen
Mengambil Ibrah dari perkembangan islam di dunia perkembangan Islam di dunia • Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Siswa mencatat hal penting dari penjelasan guru
• Guru memberikan waku kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas
• Siswa memperhatikan jawaban guru • Siswa mampu mengambil Ibrah dari perkembangan islam di dunia
• Siswa mampu menjelaskan Ibrah dari perkembangan islam di dunia
• Siswa mampu menyebutkan Ibrah dari perkembangan islam di dunia Kuis, tes, kerja kelompok Isian dan uraian Al Qur’an, LKS, Buku Paket SKI

Mengetahui Kerambitan, 2010
Kepala madrasah aliyah Bali Bina Insani Guru Mata pelajaran


Drs.Imam Mawardi.M.Pd.I M. Fauzi,S.Pd.I
Nip. 19660111199603 1 001 Nip.

Tidak ada komentar: